Februari 27, 2021
pendsejarah@unima.ac.id
melalui-virtual-meeting-jurusan-pendidikan-sejarah-unima-sukses-gelar-pk2mb-mahasiswa-baru-2020

Tondano – Melalui Zoom Meeting, Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Unima sukses melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PK2MB) di tingkat jurusan, Jumat (2/10/2020).

Sebelumnya, kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Rektor Unima, Dr. Deitje Katuuk, M.Pd pada Kamis, 1 Oktober 2020. Kemudian PK2MB dilanjutkan ke tingkat fakultas yang dibuka Dekan FIS, Dr. Apeles L Lonto, M.Si. Setelah itu, PK2MB berlanjut di tingkat jurusan.

Kegiatan PK2MB pada Jurusan Pendidikan Sejarah yang dipandu Staf Dosen Pendidikan Sejarah, Eka Yuliana Rahman, M.Pd itu dibuka dengan sambutan Ketua Jurusan Pendidikan Sejarah, Dr. Aldegonda E. Pelealu, M.Hum yang sekaligus membawakan materi Rencana Stategis (Renstra) Pendidikan Sejarah tahun 2016-2020.

Materi yang dibawakan Pelealu yakni misi dan visi jurusan di antaranya misi dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, sasaran dan strategi pencapaian. Pelealu juga memperkenalkan sejumlah pimpinan dan staf dosen jurusan.

Kemudian dilanjutkan dengan materi yang dibawakan Staf Dosen Pendidikan Sejarah, Dr. Ruth S. Umbase, M.Hum. Umbase memaparkan materi Etika Berkomunikasi yang mencakup etika komunikasi antara dosen dan mahasiswa.

Materi selanjutnya yakni Kurikulum yang dibawakan Sekretaris Jurusan Pendidikan Sejarah, Dr. Aksilas Dasfordate, S.Pd, M.Hum. Dalam materinya, Dasfordate menyebutkan sejumlah mata kuliah yang akan dikontrak mahasiswa baru dalam Kartu Rencana Semester (KRS).

Usai materi-materi yang dibawakan pimpinan jurusan dan staf dosen jurusan, mahasiswa baru juga diperkenalkan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ).

Dalam materi ini, Ketua HMJ Pendidikan Sejarah, Richard Fangohoi memperkenalkan HMJ, pengurus HMJ yang meliputi pengurus inti dan divisi. Kegiatan yang dilakukan dan diikuti HMJ pun turut diperkenalkan kepada mahasiswa baru.Setelah itu, PK2MB Jurusan Pendidikan Sejarah dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab antar pemateri dan mahasiswa baru.

Leave a Reply